Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Materi IPA Kelas 6 BAB 1 Topik C Penyakit yang Menyerang Sistem Gerak

Rangkuman Materi IPAS Kelas 6 BAB 1 Topik C Penyakit yang Menyerang Sistem Gerak 

Rangkuman Materi IPAS Kelas 6 BAB 1 Topik C Penyakit yang Menyerang Sistem Gerak Semester 1 Kurikulum Merdeka. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi IPAS Kelas 6 BAB 1 judul “Bagaimana tubuh kita bergerak”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi IPAS kelas 6 Bab 1 Semester 1 Kurikulum Merdeka ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Materi IPA kelas 6 Bab 1 Topik C penyakit sistem gerak



Pada kesempatan ini yang lalu kami telah memposting Rangkuman materi Mata pelajaran IPAS Kelas 6 BAB 1 Topik C Penyakit yang Menyerang Sistem Gerak. Rangkuman materi IPAS Kelas 6 Bab 1 Topik B Sistem saraf Kurikulum Merdeka. Dan pada kesempatan ini kami akan memposting Materi IPAS Kelas 6 BAB 1 Topik C Penyakit yang Menyerang Sistem Gerak semester 1 Kurikulum Merdeka

Rangkuman Materi IPAS Kelas 6 BAB 1 Topik C Penyakit yang Menyerang Sistem Gerak Kurikulum Merdeka.

Berikut beberapa contoh penyakit yang dapat menyerang sistem gerak.

 a. Osteoporosis adalah penyakit yang menyebabkan kepadatan tulang menurun sehingga tulang keropos dan mudah patah. Penyakit ini disebabkan kurangnya 
kalsium pada tulang.

b. Kifosis adalah kondisi tulang belakang yang membuat bagian punggung sebelah atas membulat secara berlebihan. Akibatnya, penderitanya terlihat bungkuk ke depan. Dapat disebabkan karena kelainan bawaan atau postur tubuh yang jelek saat masih anak-anak.

 c. Lordosis adalah kelainan tulang punggung di mana  bagian bawah melengkung secara berlebihan. Kondisi ini menyebabkan punggung bagian bawah terlihat lebih menonjol. Dapat disebabkan karena obesitas (sehingga tubuh kelebihan berat badan di bagian perut), kelainan bawaan, kecelakaan, atau kelainan sistem saraf.

 d. Skoliosis adalah kelainan tulang punggung yang membengkok ke kanan atau ke kiri. Biasanya kelainan tulang ini disebabkan oleh posisi duduk yang tidak tepat. Dapat disebabkan karena kelainan sistem saraf, kelainan bawaan, atau kecelakaan

e. Defisiensi vitamin D merupakan suatu kondisi ketika tubuh kekurangan vitamin D.  Kondisi ini menyebabkan tubuh lebih mudah mengalami kram dan kejang otot, nyeri dan kerapuhan tulang, bahkan dapat menghambat pertumbuhan. Pada beberapa kasus, kekurangan vitamin D dapat menyebabkan tulang kaki menjadi bengkok. Vitamin D bisa kalian dapatkan secara mudah dengan berjemur di bawah sinar Matahari pagi hari. 
  
f. Tetanus merupakan kondisi seluruh tubuh menjadi kaku, tegang, dan sulit bergerak. Penyakit ini sangat berbahaya dan jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan kematian. Penyebabnya, yaitu masuknya bakteri Clostridium tetani dari tanah/kotoran hewan ke dalam tubuh melalui luka di kulit. Agar terhindar dari tetanus, gunakan alas kaki saat beraktivitas di luar rumah, ya!

g. Kram atau kejang otot dikarenakan kegiatan otot yang berlebihan. Biasanya terjadi saat melakukan olahraga berat tanpa diawali kegiatan pemanasan terlebih dahulu. Jadi, jangan lupa pemanasan sebelum berolahraga, ya!

h. Terkilir atau keseleo merupakan cedera otot yang umumnya terjadi di bagian kaki atau tangan. Dapat disebabkan karena jatuh dengan posisi pergelangan kaki yang berputar, cedera saat olahraga, dan sebagainya.
 
Lalu, bagaimana cara menjaga kesehatan sistem gerak kita? 

a. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi untuk kesehatan tulang, seperti kalsium. Contohnya, susu sapi, susu kedelai, yoghurt, telur, kacangan-kacangan, sayuran hijau, sarden, kerang, dan minyak ikan. 
b. Mendapat asupan vitamin D yang cukup dengan cara berjemur di pagi hari selama 20-30 menit serta mengonsumsi salmon, ikan kembung, dan telur. 
c. Olahraga teratur.
d. Menjaga postur tubuh yang baik, seperti tegak, tidak menundukkan leher terlalu lama, dan duduk pada tulang duduk.


Semoga rangkuman materi IPAS Kelas 6 BAB 1 Topik C Penyakit yang Menyerang Sistem Gerak Kurikulum Merdeka.dapat bermanfaat bagi bapak/ibu guru serta adik-adik. Dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada kolom yang tersedia untuk kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Materi IPA Kelas 6 BAB 1 Topik C Penyakit yang Menyerang Sistem Gerak "