Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Rangkuman Materi IPA Kelas 6 BAB 1 Topik B Sistem saraf

Rangkuman Materi IPAS Kelas 6 BAB 1 Topik B  Sistem saraf  Kurikulum Merdeka.

Rangkuman Materi IPAS Kelas 6 BAB 1 Topik B  Sistem saraf Semester 1 Kurikulum Merdeka. Resume ini kami buat dengan harapan semoga dapat membantu bapak ibu guru untuk lebih mudah memahami materi IPAS Kelas 6 BAB 1 Topik B Sistem saraf Kurikulum Merdeka dengan judul “Bagaimana tubuh kita bergerak”. Manfaat dengan adanya Resume ini dapat dijadikan bahan belajar bagi peserta didik dalam mengahadapi penilaian harian. Dan bagi bapak ibu guru rangkuman materi IPAS kelas 6 Bab 1 Kurikulum Merdeka ini dapat dijadikan referensi pembuatan kisi-kisi soal. 

Ringkasan IPAS kelas 6 Bab 1 Sistem saraf


Pada kesempatan ini kami akan memposting Rangkuman materi Mata pelajaran IPAS Kelas 6 BAB 1Topik B Sistem saraf Kurikulum MerdekaDan selanjutnya kami juga akan memposting rangkuman materi IPAS Kelas 6 Bab 1 Topik C Penyakit yang menyerang sistem gerak Kurikulum Merdeka Semester 1 .

Rangkuman Materi IPAS Kelas 6 BAB 1 Topik B  Sistem saraf Kurikulum Merdeka Semester I.

Sistem saraf adalah kumpulan jaringan yang berfungsi untuk mengatur dan mengoordinasikan seluruh aktivitas tubuh. di antaranya adalah berjalan, berbicara, menelan, berpikir, merespons keadaan darurat, dan mengingat.

Ada tiga fungsi sistem saraf, yaitu:
1. Mengatur organ-organ tubuh sehingga bekerja dengan selaras. Contohnya, kalian dapat berjalan dengan seimbang, organ-organ pencernaan bekerja dengan koordinasi yang baik, dan sebagainya. 
2. Menerima rangsangan sehingga tubuh dapat mengetahui dengan cepat keadaan yang terjadi di sekitarnya. Contohnya, kulit dapat memberi informasi rasa sakit dengan cepat.
3. Mengendalikan dan memberikan reaksi terhadap rangsangan yang terjadi pada tubuh manusia. Contohnya, kita bereaksi cepat untuk menghindar setelah menyentuh panci panas.

Sistem saraf terdiri atas otak, sumsum tulang belakang, dan sel-sel saraf. Sistem saraf membuat kita mampu berpikir, bergerak, menjaga keseimbangan, dan menjalankan aktivitas mendasar (bernapas, memompa jantung, mengolah makanan, dan sebagainya).

Otak merupakan pusat kendali dari seluruh aktivitas yang dilakukan dan perasaan yang kita rasakan. Otak yang membuat kita dapat mengindra apa yang terjadi di sekitar kita. Kita dapat merasakan sakit, halus dan kasarnya suatu benda, serta licin dan kesat benda karena adanya otak. Semua bentuk emosi yang kita rasakan, seperti sedih, senang, takut, marah, kecewa, dan resah juga dikendalikan oleh otak.

 Selain itu, otak juga berperan penting dalam mengoordinasikan semua anggota tubuh sehingga dapat bekerja dengan baik. Juga membantu tubuh merespon perubahan. Misalnya, ketika suhu di sekitar kalian turun secara drastis. Maka, seluruh saraf yang ada di permukaan kulit akan merespon dan memberi sinyal kepada otak bahwa kondisinya dingin. Otak memerintahkan untuk segera mencari jaket agar kalian tidak kedinginan.

 Otak terhubung dengan jaringan saraf yang tersebar di seluruh bagian tubuh. Jaringan saraf ini membentuk simpul-simpul dan bertemu di bagian sumsum tulang belakang. Letaknya ada di punggung, tepatnya mulai dari bawah leher hingga punggung bagian bawah. 

Jaringan saraf dan sumsum tulang belakang ini berperan dalam menghantarkan rangsangan dari seluruh tubuh ke otak dan sebaliknya. Oleh karena itulah, sistem saraf memiliki peran penting dalam kehidupan kita. Jika sistem saraf terganggu maka kita akan mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Sumsum tulang belakang: bagian tubuh manusia (berupa jaringan lunak) yang 
berada di tengah-tengah tulang belakang

Semoga rangkuman materi IPAS Kelas 6 BAB 1 Topik B Sistem saraf Kurikulum Merdeka Semester 1.dapat bermanfaat bagi bapak/ibu guru serta adik-adik. Dan jangan lupa memberikan saran dan komentar pada kolom yang tersedia untuk kemajuan website kami.

Posting Komentar untuk "Rangkuman Materi IPA Kelas 6 BAB 1 Topik B Sistem saraf"